KOMUNIKASI BISNIS
Menurut Djoko Purwanto, “komunikasi bisnis
merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencangkup berbagai
macam bentuk komunikasi, Baik itu verbal maupun non-verbal guna mecapai suatu
tujuan tertentu. Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk
komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui lisan dan tulisan. Sedangkan
komunikasi non-verbal merupakan suatu proses komunikasi atau penyampaian pesan
maupun informasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain tanpa adanya
suatu ucapan atau kata – kata, akan tetapi caranya menggunakan gerakan
atau isyarat. Oleh karena itu, komunikasi bisnis lebih ditekankan
pada komunikasi verbal.
A. Tujuan Komunikasi Bisnis
1. Memberi
Informasi
Tujuan
pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi seputar dunia
bisnis terhadap pihak lain.
2. Memberi
Persuasi
Tujuan kedua
dalam komunikasi bisnis adalah memberikan pesuasi, Persuasi diberikan kepada
pihak lain agar apa yang disampaikan bisa dipahami dengan benar.
3. Melakukan
Kalaborasi
Tujuan ketiga
dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kalaborasi atau kerja sama dengan
pihak lain mempermudah seseorang dalam melakukan kerja bisnis.
B. Manfaat Komunikasi Bisnis
Manfaat
komunikasi bisnis terbagi menjadi dua yaitu manfaat internal eksternal.
1. Manfaat
Eksternal
Menjalin
komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan
keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.
2. Manfaat
Internal
Komunikasi
yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan.
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir
eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:
- Kemampuan manajemen
- Memiliki ambisi untuk maju
- Kepercayaan diri
- Kemampuan bekerja keras
- Kemampuan mengambil keputusan
yang tepat
- Latar belakang akademis
- Kemampuan berkomunikasi efektif
- Berpenampilan menarik
C. Unsur Unsur Komunikasi Bisnis
Dalam komunikasi
bisnis terdapat enam (6) unsur pokok, yaitu sebagai berikut :
1. Memiliki
tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
2. Pertukaran,
dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator
dan komunikan.
3. Gagasan,
opini, informasi, dan instruksi, merupakan isi dari pesan yang bentuknya
beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4. Menggunakan
saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka. Menggunakan
media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara
bersamaan.
5. Menggunakan
simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau
dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6. Pencapaian
tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau
lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya oleh manajemen.
Komunikasi
Bisnis Antara Perusahaan dengan Supplier
A. SURAT PENAWARAN BARANG
Balunijuk 15
September 2014
Kepada Yth,
PT. SUKA
Di – Pangkal
Pinang
No
: 012/PNWRN/2014
Hal
: Penawaran Barang
Lampr :
1 Berkas
Dengan
Hormat,
Dengan surat
ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Baskara Jaya yang
beralamat di Jl. UBB no 5 Balunijuk. Kami adalah perusahaan yang
bergerak di bidang aksesoris dan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan
ternama di kota - kota besar di Indonesia. Sesuai informasi yang
kami peroleh, PT. Suka adalah perusahaan yang menjual berbagai
produk aksesoris yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan aksesoris
dengan harga bersaing
Sehubungan
dengan hal itu kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang
aksesoris di perusahaan yang Bapak kelola. Harapan kami penawaran ini dapat
terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua elah pihak.
Sebagai bahan perbandingan silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan
daftar harga produk aksesoris yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak
berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.
Demikian
surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami
sampaikan banyak terimakasih
Hormat Kami
PT. Baskara
Jaya
Komunikasi
Bisnis Antara Perusahaan dengan Investor
B. SURAT PERMINTAAN INVESTASI
Nomor Surat :
Lampiran :
Skema Investasi & Company Profile
Perihal :
Penawaran Investasi
Kepada Yth.
Bpk. Ayub
Idrus
Di Tempat
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Dengan
hormat,
PT
Bangun Persada Semesta merupakan salah satu perusahaan pengembang sektor
properti sejak tahun 2009. Dimulai dari pengembangan rumah skala kecil dan
menengah yaitu perumahan Puri Duren Asri 2, 3, 4, Perumahan Woodhill Residence,
Perumahan Jatiasih Greenwood Residence, sampai dengan rumah dengan skala besar
seperti Rumah 7@east bintaro dan Ruko Kalimalang Plaza.
Bersama
surat penawaran ini kami dengan bangga akan mengelola Investasi Bpk. pada
proyek- proyek kami yang On-Progress. Berikut Kami lampirkan skema investasi
yang kami tawarkan.
Demikian
surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima
kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
Suryono
Saputra, SP.
Direktur
Komunikasi
Bisnis Antara Perusahaan dengan SDM
A. SURAT PERINTAH ATASAN KEPADA BAWAHAN
No.16/645/DSta/DSSR/pg PangkalPinang,
15 September 2014
Kepada
Aryadi
Baskara K
Pangkal
Pinang
Perihal
: Surat Perintah Kerja
Dalam
rangka kegiatan survey Bank Indonesia Tahin 2014 Kantor Perwakilan Bank
Indonesia Wilayah VII, dengan ini menugaskan kepada Saudara untuk melakukakan
pengumpulan data di lapangan dengan jumlah responden sebanyak 25 orang setiap
bulan. Untuk pelaksanaan pengumpulan data tersebut, saudara wajib memenuhi
persyaratan dan ketentuan sebagaimana yang terlampir dari Surat Perintah Kerja
( SPK ) ini.
Sebagai
tanda persetujuan saudara, hendaknya saudara menandatangani tembusan SPK ini
melalui Materai Rp.6.000 serta memaraf halaman lampiran dan mengembalikannya
kepada kami selambat-lambatnya 3 hari setelah diterimanya surat ini.
Bilaman
sesudah jangka waktu tersebut saudara tidak mengembalikan tembusan surat kepada
kami, maka kami dapat membatalkan SPK ini.
Demikian
agar mendapat perhatian saudara.
KANTOR PERWAKILAN
BANK INDONESIA WILAYAH VII
Kepala Tim
Rosman
Asisten
Direktur
DAFTAR REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar