Selasa, 11 Juli 2017

AKUNTANSI KELOMPOK-11

Edit Posted by with 1 comment
ANALISIS LAPORAN ARUS KAS

·         Pengertian
Laporan arus kas adalah Laporan Arus Kas merupakan laporan yang disusun secara sistematis untuk menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas melalui kas umum Negara atau kas daerah selama periode tertentu.  Penerimaan dan pengeluaran kas dalam Laporan Arus Kas disajikan berdasarkan aktivitas – aktivitas yang terdiri dari aktivitas operasi, investasi non keuangan, aktivitas pembiayaan, dan aktivitas non anggaran.Dan juga terdiri dari aktivitas sepeerti aktivitas operasional, aktivitas investasi, dan aktivitas pembiayaan.
·         Kegunaan laporan arus kas
1.    Kemampuan entitas dalam memperoleh arus kas dimasa depan
2.    Kemampuan entitas untuk membayar dividen dan memenuhi kewajiban
3.    Alasan atas perbedaan antara angka laba bersih dan kas bersih yang dihasilkan atau digunakan atau aktivitas operasi. Laba bersih menyediakan informasi mengenai keberhasilan kegagalan sebuah perusahaan bisnis. dan pendanaan kas selama periode tersebut

·         Penggolongan arus kas
1.     Arus kas dari aktivitas operasi.
2.      Arus kas dari aktivitas investasi.
3.     Arus kas dari aktivitas pendanaan

·         Aktivitas Non Kas yang Penting

1.    Penerbitan saham biasa untuk membeli aset.
2.    Pengubahan (konversi) obligasi menjadi saham biasa.
3.    Penerbitan utang untuk membeli aset.
4.    Pertukaran aset pabrik.
5.    Aktivitas pendanaan dan investasi yang penting yang tidak mempengaruhi kas tidak dilaporkan dalam laporan arus kas.

·         Bentuk dari laporan arus kas
Bentuk umum dari laporan arus kas menyajikan hasil dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan, serta aktivitas investasi dan pendanaan nonkas yang penting. Arus kas dari aktivitas operasi selalu disajikan pada bagian awal. Kemudian diikuti oleh bagian aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Bentuk umumnya laporan arus kas menyajikan hasil dari aktivitas operasi, investasi, pendanaan, serta aktivitas investasi dan pendanaan nonkas yang penting. Arus kas dari aktivitas operasi selalu disajikan di bagian awal. Lalu diikuti oleh bagian aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.
·         Menyusun laporan arus kas

A.    Metode Langsung, yaitu menyajikan kelompok utama penerimaan kas bruto dan pembayaran kas bruto.
B.    Metode tidak langsung, yaitu dimulai dengan laba rugi periode berjalan dan
menyesuaikan laba rugi tersebut dengan transaksi non kas, akrual, dan tangguhan dari pos yang penghasilan atau pengeluaran dalam aktivitas investasi dan pendanaan.


1 komentar: