Minggu, 19 November 2017

Kerangka Berpikir Dalam Membina Relasi Untuk Kerjasama Usaha

Edit Posted by with No comments
Kerangka Berpikir Dalam Membina Relasi Untuk Kerjasama Usaha


Upaya membina relasi dibedakan dengan 2 cara, yaitu secara antar individu dan antar tim/kelompok/organisasi. 

 1. Individu      


  • ·         Kebutuhan

Setiap orang pasti punya kebutuhan. sebelum membentuk relasi, ada pentingnya untuk melihat apa yg menjadi kebutuhan kita, misalnya kita membutuhkan relasi untuk mengetahui informasi berbisnis, dll. 
  • ·         Komunikasi 

Suatu hubungan diperlukan komunikasi yg baik, agar informasi yg kita terima dan kita berikan dapat mudah dimengerti, bisa dengan cara berbicara yg tidak bertele tele, saling bertukar informasi, saling bertanya satu sama lain, jangan menggunakan sistem informasi satu arah, topik yg dibicarakan juga tidak selalu harus tentang bisnis, bisa tentang latar belakang seseorang agar kita lebih mengenal satu sama lain. 
  • ·         Pandangan berbisnis

Jika pandangan berbisnis dua individu baik dan searah, maka akan tercipta hubungan yg baik, tidak bertolak belakang dan cenderung tujuannya hampir sama. 
  • ·         Waktu

Kita harus berusaha meluangkan waktu untuk berkomunikasi agar komunikasi tidak terputus sehingga hubungan menjadi renggang. 

2. Tim/kelompok/organisasi

  • ·         Tujuan usaha kelompok

Sebelum membentuk relasi, kita harus mengetahui tujuan usaha organisasi kita dan organisasi partner kita, jika mempunyai tujuan yg sama maka akan berpotensi menciptakan hubungan yg baik antar organisasi. 
  • ·         Strategi usaha organisasi 

Strategi usaha sangat penting organisasi, jika menggabungkan strategi antar kelompok maka berpotensi dapat menimbulkan strategi yg lebih tepat lagi. 
  • ·         Dampak bagi organisasi

Kita harus mengetahui dampak apa yg akan terjadi pada organisasi kita jika membentuk relasi, jika mengarah ke hal positif atau sama sama memiliki keuntungan, maka hubungan antar kelompok akan baik. Misalnya tidak berniat untuk merugikan kelompok lain dan lebih mementingkan kelompok sendiri. dan sebaliknya, jika membentuk relasi dapat berdampak ke hal yg negatif maka hubungan antar kelompok akan memburuk. 

0 komentar:

Posting Komentar